Peran Citra Merek Sebagai Mediasi Antara Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Skintific Pada Mahasiswa Universitas Yapis Papua
Kata Kunci:
Celebrity Endorsement, Minat Beli , Citra MerekAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran citra merek dalam memediasi pengaruh celebrity endorsementterhadap minat beli produk skintific di kalangan mahasiswa Universitas Yapis Papua. Celebrity endorsement telah menjadi strategi pemasaran yang umum digunakan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Namun, efektivitas strategi ini dapat dipengaruhi oleh citra merek yang terbentuk dibenak konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang mengetahui atau pernah menggunakan produk skintific berjumlah 124 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui google form. Penelitian dilakukan pengujian yaitu uji validitas dan reabilitas menggunakan alat bantu SPSS versi 26 dan Analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) celebrity endorsement memiliki pengaruh positif terhadap minat beli, 2) celebrity endorsement berpengaruh terhadap citra merek, 3) citra merek berpengaruh terhadap minat beli dan 4) celebrity endorsement berpengaruh terhadap minat beli melalui citra merek sebagai mediasi.